Sabtu, 21 November 2009

persepsi kiamat 2012

PENDAHULUAN

PERSEPSI KIAMAT 2012
Pada saat ini di seluruh dunia sedang di hebohkan tentang adanya ramalan dari Suku Maya (Guatemala) yang memiliki system kalender berdasarkan perbintangan bahwa kalender dunia akan terhenti pada 21 Desember 2012. Sebenernya ramalan kiamat 2012 ini telah menjadi perdebatan public beberapa tahun lalu. Namun, kini polemic yang sama muncul kembali dan di Indonesia setiap orang memperbincangkannya.Bahkan di dunia maya seperti google,Facebook kiamat 2012 juga menjadi topik yang di cari.

Para ilmuwan NASA menegaskan bahwa tidak akan terjadi kiamat pada 2012,”Planet kita baik-naik saja lebih dari empat miliar tahun “.Para ilmuwan terpercaya mengetahui bahwa tidak ada ancaman yang berkaitan 2012. Peneliti senior Institut Astronot biologi NASA David Morrison mengukapkan bahwa dua tahun lalu di mendapatkan pertanyaan mengenai kiamat 2012,Bagaiman dengan planet Nibiru?” Nibiru adalah sebuah mitos,tanpa dasar fakta.

Dr Morrison mencatat bahwa ketertarikan yang berkembang tentang luar angkasa telah menyebabkan suatu cosmophobia,yaitu ketakutan terhadap luar angkasa.dia mengaku bertemu orang yang seringkali khawatir tentang medang magnet matahari, badai matahari, lubang hitam dan keretakan di Bima Sakti. Sebelumnya bumi hamper saja di tabrak sebuah asteroid pada jumat(6/11).Asteroid yang tidak terdeteksi asalnya itu berada dalam jarak 8.700 mil atau 14.000 kilometer denagn bumi.namun pakar astonomi baru memberi peringatan 15 jam sebelum asteroid itu berada dalam titik terdekat dengan bumi.Orbit lintasan asteroid itu 30 kali lebih dekat dibandingkan bulan yang jaraknya 250.000 mil dari bumi.kecepatan asteroid itu mencapai 7,17 kilometer per detik.
Objek antariksa yang disebut 2009 VA itu akan terbakar habis saat memasuki atmosfer bumi . tentu saja ,asteroid itu akan menciptakan sebuah bola api besar di langit,tapi tidak berdampak besar bagi permukaan bumi.Asteroid itu diketahui keberadaanya oleh Catalina Sky Survey pada 6 November 2009.Benda luar angkasa itu lantas diidentifikasi oleh Minor Planet Center di Cambridge, Massachusetts, sebagai sebuah objek dekat bumi.

Sedangkan Near Earth Object Programme (NEO) NASA lantas memproyeksikan orbit benda tersebut dan menyimpulkan, meski bergerak sangat dekat dengan bumi , asteroid itu tidak akan mengenai planet ini.
Program NOE NASA bertujuan mendeteksi dan melacak lebih dari 90% dari 1.000 asterroid dan komet yang mendekati bumi dan memiliki diameter lebih dari 0,6 mil pada 2020. selali asteroid yang hendak menabrak bumi pada jumat(6/11),dua asteroid diperkirakan akan mendekati bumi.












Bahkan persepsi bahwa kiamat 2012 di jadikan FILM yang di produksi oleh Columbia Pictures.Visualisasi tentang bencana alam besar di bumi hingga di persepsikan sebagai sebuah kiamat membuat film ini mengundang rasa ingin tahu banyak pihak. Kiamat yang merupakan akhir dari dunia seolah digambarkan dalam film ini.Film garapan sutradara Roland Emmerich yang menghabiskan dan USD200-250 ini mampu membius ribuan orang untuk berduyun-duyun memadati gedung-gedung bioskop. Gedung-gedung bioskop selalu di penuhi antrean untuk mendapatkan tiket film berdurasi 158 menit tersebut,contohnya saja saudara Windi yang ingin menyaksikan film tersebut di XXI Giant,Bekasi harus rela antre selama 1 jam dan mendapatkan tiket film untuk yang jam tayang 18.30 padahal disana di buka sampai 3 teater, begitu besarnya antusiasme masyarakat terhadap film 2012. Di prediksi film 2012 ini akan menjadi film box office dengan pemasukan uang yang fantastis.

Namun persepsi tentang gambaran mengenai kiamat dalam film inilah yang mengundang kontrofersidari beberapa kalangan. Bahkan, beberapa pemuda di Amerika serikat ingin mengakhiri hidupnya secepatnya karena tak mau mati pada saat kiamat. Kiamat yang tidak bisa diprediksi ini terus memantik kontroversi.
Kontroversi tentang kiamat itu juga merambah ke tanah air,terutama pada saat 2012 tayang perdana pada 13 November yang lalu, oleh MUI Malang ,jawa timur, persepsi masyarakat tentang kiamat pada 2012 dianggap telah meresahkan dan merusakkan keimanan seseorang.Karena di anggap meresahkan dan merusak iman,MUI Malang memberikan label HARAM pada film yang di bintangi John Cusack ini.

MUI pusat pun turun tangan , MUI membantah tanda-tanda kiamat seperti yang di gambarkan film tersebut, kiamat yang di gambarkan di dalam alQuran tidak sam seperti film 2012. “ Kiamat yang di gambarkan di dalam alQuran adalah Bumi di gulung, langit runtuh, gunung diratakan”jadi tidak cocok dengan yang ada di dalam film.

Akhirnya kembali kepada masyarakat, akankah terus memersepsikan kiamat pada cerita film 2012? Padahal kiamat tidak bisa diramal,dan kiamat 2012 hanya MITOS.



Kiamat 2012 dan Orang Indigo
Isu kiamat tahun 2012 – tepatnya tanggal 21-12-2012 – akan terjadi di bumi mulai merebak dalam sepuluh tahun terakhir ini, dan semakin marak sekitar tahun 2009 hingga sekarang.

Berdasarkan perhitungan kalender bangsa Maya Purba (suku India di benua Amerika) yang sudah punah, disebutkan bahwa pada tanggal tersebut terjadi kelahiran zaman baru yang dinilai berbahaya sekaligus sakral.

Seperti diyakini oleh bangsa Maya Purba tersebut, pada tanggal itu posisi tata surya kita akan menutupi pusat galaksi Bimasakti – tempat tata surya kita berada – dari pandangan di bumi. Titik pusat yang dianggap sebagai rahim Bimasakti, tempat lahirnya bintang-bintang baru, mempunyai lubang hitam yang menyedot masa, energi dan waktu sebagai bahan baku penciptaan bintang baru. Terputusnya untuk sementara waktu pancaran energi pusat galaksi ini ke bumi akan berakibat terganggunya keseimbangan mekanisme kehidupan di bumi dan di dalam tubuh semua makhluk. Dan hal inilah yang ditafsirkan dan diyakini oleh sebagian orang sebagai kiamat bagi bumi.

Kemudian muncul lagi rumor bahwa setelah kiamat itu – dan seluruh umat manusia musnahnya tentunya – maka di bumi akan muncul generasi manusia baru yang akan menguasai bumi dan disebutkan bahwa mereka itu adalah orang-orang Indigo.

Benarkah tahun 2012 dunia akan kiamat?

Tentu saja tidak benar. Yang terjadi adalah perubahan signifikan di dunia spiritual-supranatural berupa peralihan dari indigo generasi yang lebih terdahulu kepada generasi berikutnya. Yakni dari magenta (merah keungu-unguan) yang lahir sekitar awal Perang Dunia Pertama (PD I) kepada generasi berikutnya, yakni orang Ungu (Violet), Indigo dan Kristal.

Kemunculan generasi baru Indigo ini diperkirakan dalam jumlah besar sekitar awal tahun 1970 untuk orang Indigo, dan di awal abad 21 ini untuk orang kristal. Sedangkan orang Ungu hadir sebelum orang Indigo, diperkirakan setelah PD II.

Ketika Mama Lauren (orang Magenta) ditanya pada sebuah acara talk show di sebuah televisi swasta yang digawangi Eko Patrio, Ruben dan Ivan Gunawan mengenai tahun 2012, maka dengan terus terang beliau berkata bahwa terawangannya tidak bisa menembus waktu setelah tahun 2012.

Apa yang terjadi di 2012 dengan orang Indigo?

Bangsa Maya Purba adalah salah satu suku tua yang sudah menerima pengetahuan yang mendalam mengenai alam semesta (universe). Sistem perhitungan kalendernya bukan hanya terkait dengan peredaran matahari kita, tapi sudah dipengaruhi oleh peredaran tata surya kita di galaksi, mungkin juga galaksi di dalam kumpulan galaksi (grup lokal galaksi).



Seperti disebutkan pada awal tulisan ini bahwa posisi tata surya kita secara linier akan menutupi titik pusat galaksi Bimasakti. Kondisi ini akan berpengaruh kepada suplai energi dari galaksi ke bumi. Energi ini bukan hanya untuk kehidupan alam materi di bumi, tapi juga akan berpengaruh kepada kemampuan manusia berinteraksi dengan alam supranatural (alam yang berdimensi lebih tinggi dari alam materi).

Di sementara waktu terputusnya energi ini – menurut kalender Maya disebutkan pukul 11.11 – terjadi pemadaman kemampuan para supranaturalis dari orang-orang Magenta dan setelah suplai energi kembali terjadi, maka orang-orang Indigo, Ungu dan Kristal akan menerima kekuatan penuhnya. Tahap ini merupakan “serah terima” tugas dari generasi terdahulu kepada generasi penerus orang-orang Indigo.

Selain itu pada 2012 sebagian besar orang-orang Indigo generasi pertama banyak yang sudah berusia 40 tahun, suatu periode usia yang bercirikan kemandirian, kemapanan dan tanggung jawab dalam dunia supranatural. Seperti juga para nabi dan rasul yang pada usia itu diangkat secara resmi dalam menjalankan tugasnya sebagai pembawa pesan Tuhan, maka orang-orang Indigo pun menerima tugas untuk membina dunia dan manusia, selain mempersiapkan generasi-generasi Indigo berikutnya.

Benarkah orang-orang Indigo akan membawa agama baru?

Tidak benar. Yang benar adalah mereka akan melahirkan metoda baru dalam berinteraksi dengan alam supranatural, spiritualitas, dan hubungan dengan Tuhan. Agama mereka adalah agama yang ada, tetapi dengan semangat dan cara yang unik – bukan ibadah dan aturan baru.

Orang-orang Indigo adalah generasi supranaturalis yang mampu memadukan teori-teori sains dan teknologi informatika dengan kemampuan supranatural mereka. Teori-teori fisika seperti mekanika kwantum, gelombang elektromagnetik (cahaya dan listrik), medan magnit, dan teori relativitas dipadu dengan teori biokimia seperti genetika, biologi molekuler, sistem hormonal tubuh dan diolah dengan kemampuan supranatural mereka seperti kekuatan pikiran, perasaan dan kehendak. Dan kemampuan ini benar-benar kemampuan mandiri di mana semakin sedikit peran dari “kekuatan lain”.

Para nabi dan rasul juga bisa digolongkan sebagai orang-orang Indigo generasi awal. Warna aura mereka kemungkinan adalah ungu (violet). Begitu pula para wali dan sebagian raja-raja. Siklus perubahan warna untuk kemunculan orang-orang Indigo berlangsung secara berurutan, sehingga setiap warna bisa kembali mendominasi pada masa yang lain. Namun ada juga warna aura yang hilang atau tidak muncul lagi di masa berikutnya.









Apa saja tugas orang Indigo setelah 2012?

Maksud dan tujuan dari kehadiran orang Indigo adalah tugas yang diembannya di muka bumi ini. Orang-orang Indigo (orang ungu, indigo dan kristal) secara umum mempunyai tugas-tugas:

1. Menjaga harmonisasi alam nyata dan alam supranatural beserta penghuninya, serta manusia dalam hubungan dengan Tuhan.

2. Membantu penumbuhan kesadaran pada manusia akan kebenaran yang mulai ditinggalkan.

3. Membantu pengeliminasian penyebab ketidakseimbangan harmonisasi dan penumbuhan kesadaran, terutama manusia yang jahat dan buruk akhlaknya dan mahkluk lain yang berusaha menggagalkan misi ini.

4. Saling berkoneksasi dan berinteraksi antar Indigo dan makhluk di dimensi lain, dalam rangka tugas-tugas di atas.

5. Membantu pengembalian kekuasaan di bumi kepada manusia yang berhak memegangnya.

6. Membantu pelaksanaan kekuasaan tersebut sampai tiba masanya berakhir.
 

















PEMBAHASAN


apa sebenarnya Kiamat tahun 2012..?
Kiamat 2012 adalah terjadinya Badai Matahari:
Menurut Pak Bambang S Tedjasukmana dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), bahwa fenomena yang akan muncul pada sekitar tahun 2011-2012 adalah badai Matahari. Prediksi ini berdasar pada pemantauan pusat pemantau cuaca antariksa di berbagai negara maju yang sudah dilakukan sejak tahun 1960-an dan Indonesia oleh LAPAN telah dilakukan sejak tahun 1975.
Badai Matahari = Flare dan CME
Masih menurut ahli lain dari LAPAN, bahwa badai Matahari akan terjadi ketika adanya flare dan Corona Mass Ejection (CME). Apa itu Flare..? Flare adalah ledakan besar di atmosfer Matahari yang dahsyatnya menyamai 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima. Padahal bom atom yang dijatuhkan Paul Tibbets, pilot pesawat Amerika Serikat (AS), B-29 Enola Gay,  Agustus 1945, telah merenggut sekitar 80.000 jiwa manusia. Berarti kalau dikalikan 66 juta lagi, wouw…!
Sedang CME adalah sejenis ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel2 berkecepatan tinggi yakni sekitar 400 km/detik. wouw…
Gangguan cuaca Matahari ini dapat mempengaruhi kondisi muatan antariksa hingga mempengaruhi magnet Bumi, selanjutnya berdampak pada sistem kelistrikan, transportasi yang mengandalkan satelit navigasi global positioning system (GPS), dan sistem komunikasi yang menggunakan satelit komunikasi dan gelombang frekuensi tinggi (HF), serta dapat membahayakan kesehatan atau kehidupan manusia, misal karena magnet Bumi terganggu, maka alat pacu jantung juga akan terganggu.
HP akan error, dan sms bakal ‘kiamat’ betul
Dengan skala sebenarnya, saya sketsakan kira2 Badai Matahari itu akan seperti apa. Besar matahari hanya diambil sepersecuilnya, sementara Bumi sangat penuh (meski masih sangat kecil) tampaknya. Bumi saja belum apa-apanya bila dibanding sunspot yang warna hitam2 itu…
Badai di permukaan matahari dapat mendatangkan bencana dahsyat bagi umat manusia



Ilmuwan memprediksi pada 2012 bakal terjadi badai matahari dahsyat yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga menimbulkan ancaman bagi seluruh departemen yang mengandalkan medan magnit dan tenaga listrik, padahal kejadian badai kecil di matahari pada hari Halloween 4 November 2003 telah membuat masyarakat merasakan kengeriannya.
Kala itu muncul sinar kutub yang sangat langka di Kalifornia - AS, telekomunikasi seluruh dunia mengalami gangguan, telepon satelit kelautan lumpuh, keakuratan GPS telah anjlok hingga di bawah 50 meter, 500.000 penduduk di Swedia tak memperoleh suplai aliran listrik.
Sesuai dengan kalender orang Maya, pada 21 Desember 2012 matahari akan bergerak ke arah pusat Bima Sakti, ini menandai saat terakhir sejarah umat manusia pada kehidupan kali ini. Kehidupan yang dapat bertahan melewati hari tersebut akan memulai suatu periode yang sama sekali baru.  
Orang Maya yang memiliki peradaban iptek tingkat tinggi pada 1521 sekonyong-konyong menghilang secara misterius sebelum invasi orang Spanyol, hingga hari ini para ilmuwan tidak mampu menjelaskan dengan cara apakah mereka pergi dan mengapa harus pergi.
Orang Maya mampu membuat sebuah gambar pemandangan di balik bulan pada relief pintu kuil Dewa Bulan, sisi tersebut selamanya tidak pernah bisa dilihat oleh manusia dari bumi kecuali terbang memasuki antariksa, hal tersebut membuat para pakar antariksa moderen terheran-heran.
Yang berbeda dengan hari kiamat ramalan di masyarakat pada umumnya ialah orang Maya tidak menekankan bahwa hari tersebut adalah pemusnahan besar umat manusia melainkan menekankan bahwa ini adalah sebuah titik tolak baru. Pada 755, seorang pendeta Maya meramalkan:  mulai dari 1992, terdapat 2 peristiwa besar: terbukanya kesadaran pemahaman alam semesta dari umat manusia dan pemurnian bumi serta kebangkitannya.
Penelitian terhadap apa yang telah terjadi pada 1992, hanya terdapat berita penting sebagai berikut: pada 13 Mei 1992 master Li Hongzhi pendiri Falun Gong di Chang Chun - China bagian utara menyebarkan Maha Hukum Alam Semesta yang berkultivasi dan berlatih "Sejati - Baik - Sabar."
Falun Gong percaya bahwa jiwa manusia dihasilkan dari alam semesta, adalah dari atas langit turun ke dunia manusia, apabila hendak kembali ke rumah sejatinya, maka manusia harus mencari ke dalam dirinya sendiri dengan berkultivasi (red: menjadikan sesuatu menjadi lebih baik) dan menempa karakter.
Selain itu Falun Gong juga beranggapan, dewasa ini seluruh alam semesta telah melenceng dari karakter alam semesta, dibutuhkan pembersihan dan pembenahan atas segala unsur yang tidak lurus dan bumi dimurnikan terus hingga ke kondisi semula, keseluruhan proses itu diringkas "Pelurusan Fa (maha hukum alam semesta)".




Master Li Hongzhi yang belum lama ini memperoleh "Penghargaan pemimpin spiritual" tertinggi, pada 1998 pernah mengatakan kepada para muridnya, kiamat yang seperti dikatakan orang-orang adalah tidak eksis, namun manusia yang tidak menjadi orang baik tentu akan menghadapi bahaya. Falun Gong membimbing orang sesuai "Sejati - Baik - Sabar" untuk menjadi orang baik, justru sedang membantu masyarakat memilih masa depan yang Indah.
Sedangkan PKC (Partai Komunis China) menindas Falun Gong, mengubah hati manusia menjadi hati iblis, dimana moral publik semakin menurun, yang dihasilkan ialah bencana yang semakin banyak. Ketika manusia benar-benar mau melepaskan konsepnya dan menggunakan kebajikan hatinya mendengar dengan saksama tatkala para murid Falun Gong menyampaikan klarifikasi fakta, maka manusia ada harapan untuk dapat memasuki masa depan yang Indah.
Planet Nibiru
Pendukung tabrakan Nibiru mengklaim bahwa sebuah planet bernama Nibiru akan bertabrakan dengan atau melewati Bumi pada tahun tersebut. Ide ini, yang telah tersebar sejak 1995 dalam putaran Zaman Baru dan awalnya dijadwalkan tahun 2003, didasarkan pada klaim hubungan dari spesies alien dan hal ini dijadikan bahan tertawaan secara luas. Astronom menghitung bahwa benda seperti itu yang melintas dekat Bumi akan terlihat bagi orang-orang yang melihat di langit malam.
Kesejajaran lubang hitam
Sejumlah versi ide menolak "kesejajaran galaktik" 2012 dengan "kesejajaran galaktik" berbeda yang dicetuskan sejumlah ilmuwan untuk menjelaskan periodisitas pada pemusnahan massal dalam catatan fosil. Hipotesis ini menyatakan bahwa osilasi vertikal yang dibuat Matahari ketika mengorbit pusat galaksi menyebabkannya secara tetap melintasi bidang galaksi. Ketika orbit Matahari berada di luar lingkaran galaksi, pengaruh gelombang galaksi lebih lemah; ketika memasuki kembali lingkaran galaksi, sebagaimana yang dilakukan setiap 20-25 juta tahun, Matahari berada di bawah pengaruh "gelombang lingkaran" yang lebih kuat, yang, menurut model matematika, meningkatkan masuknya komet awan Oort ke dalam Tata Surya kita oleh faktor 4, membawa pada peningkatan besar mengenai kemungkinan tabrakan komet yang mematikan. Tetapi, "kesejajaran" ini berlaku selama puluhan juta tahun, dan takkan pernah bisa diperhitungkan hingga tanggal yang pasti. Bukti memperlihatkan bahwa Matahari melintas melalui lingkaran galaksi tiga juta tahun yang lalu, dan sekarang bergerak lebih jauh di atasnya.
Bacaan kiamat tentang hipotesis Jenkins menyatakan bahwa, ketika kesejajaran galaktik terjadi, maka hal tersebut akan membentuk efek gravitasi gabungan antara Matahari dan lubang hitam superbesar di tengah galaksi kita, (dikenal sebagai Sgr A*) yang membuat kekacauan di Bumi. Jauh dari fakta yang disebutkan di atas bahwa "kesejajaran galaktik" yang diramalkan Jenkins telah terjadi pada 1998, jalur nyata Matahari melalui zodiak yang terlihat dari Bumi tidak dekat dengan pusat galaksi asli, tapi beberapa derajat di atasnya.Bahkan bila bukan ini masalahnya, Sgr A* terletak 30.000 tahun cahaya dari Bumi, dan membutuhkan 6 juta kali lebih dekat untuk menyebabkan gangguan gravitasi di Tata Surya kita.


Suku Maya tentang 2012
Suku Maya saat ini, secara keseluruhan, tidak menaruh ketertarikan apapun pada 2012. Meskipun perputaran kalender masih digunakan oleh sejumlah suku Maya di dataran tinggi Guatemala, Hitungan Panjang masih diberlakukan oleh suku Maya klasik, dan baru-baru ini ditemukan kembali oleh para arkeolog.Tetua Maya, Apolinario Chile Pixtun dan arkelolog Meksiko, Guillermo Bernal, keduanya mencatat bahwa "kiamat" adalah konsep Barat yang tidak memiliki kesamaan dengan kepercayaan Maya. Bernal percaya bahwa ide seperti itu telah disisipkan pada suku Maya oleh bangsa Barat karena mitos mereka sendiri "lenyap". Arkeolog Maya, Jose Huchm mengeluh bahwa, "Bila aku pergi ke komunitas penutur bahasa Maya dan menanyakan orang-orang apa yang akan terjadi pada 2012, mereka tak tahu apa-apa. Apakah dunia ini segera berakhir? Mereka takkan mempercayaimu. Kami sangat mempermasalahkan hal ini, layaknya hujan.
Kesamaan yang diberikan suku Maya klasik tentang tanggal 2012 belum jelas. Kebanyakan prasasti Maya klasik masih bersejarah dan tidak membuat pernyataan ramalan apapun.] Dua benda dalam sisa sejarah Maya menyebutkan akhir baktun ke-13: Tortuguero Monument 6 dan, kemungkinan Chilam Balam.

Tetua Indian Maya Membantah Isu Kiamat 2012  
Apolinario Chile Pixtun bosan dihujani pertanyaan mengenai kalender Maya yang memperkirakan kiamat pada 21 Desember 2012. Menurut tetua Indian Maya itu, berita tersebut tidak benar. ”Saya kembali dari Inggris tahun lalu dan mereka membuat saya muak dengan hal itu.”

Keadaan bisa bertambah buruk baginya. Bulan depan film Hollywood berjudul 2012 akan diputar di bioskop, yang memperlihatkan gempa bumi, hujan meteor, dan sebuah tsunami mencampakkan sebuah kapal induk ke Gedung Putih.

Di Universitas Cornell, Ann Martin, yang mengelola situs
internet Curious? Ask an Atronomer, mengatakan, orang- orang telah ketakutan.

”Sayang sekali bahwa kita mendapatkan e-mail dari siswa-siswa SD yang mengatakan bahwa mereka terlalu muda untuk mati,” kata Martin. ”Ada juga seorang ibu dua anak kecil yang takut dia tidak akan hidup untuk melihat mereka dewasa.”

Chile Pixtun, warga Guatemala, mengatakan, teori-teori hari kiamat itu datang dari gagasanbarat,bukanMaya.

Sebuah periode waktu yang penting bagi orang Maya memang berakhir pada tanggal itu, dan orang-orang telah menemukan serangkaian penjajaran astronomis yang menyebutkan pada tahun 2012 akan ada kejadian langka bagian dari siklus setiap 25.800 tahun.

Namun, sebagian besar ahli arkeologi, astronomi, dan suku India Maya mengatakan, satu-satunya yang mungkin akan menghantam Bumi adalah hujan filsafat New Age dan kabar angin soal kiamat di internet. Dengan kata lain, hari kiamat itu tidak benar.



Ramalan kiamat tahun 2012 terdengar seperti skenario kiamat yang bermunculan dalam beberapa dekade terakhir. Namun, ”ramalan” Maya ini agak lain karena disebutkan mempunyai beberapa dasar arkeologis.

Salah satu conrohnya adalah Monumen Enam. Monumen ini ditemukan di Meksiko selatan saat pembangunan jalan raya tahun 1960-an. Lapisan batu di monumen itu nyaris musnah. Sebagian besar situs itu tertutup aspal dan bagian-bagian dari batu itu telah dijarah.

Namun uniknya, ada bagian batu masih tersisa, yang mengandung padanan angka 2012. Pesan yang tertangkap pada lembar batu itu menyebutkan akan terjadi sesuatu pada tahun 2012. Perkiraan itu melibatkan Bolon Yokte, salah satu dewa Maya yang misterius yang dihubungkan dengan perang dan penciptaan. Erosi dan retakan pada batu itu membuat bagian akhir dari tulisan itu nyaris tak terbaca.


Ahli arkeologi Guillermo Bernal dari Universitas Otonomi Nasional Meksiko mengartikan bagian akhir tulisan yang sudah terkikis itu mungkin menyebutkan, ”Dia akanturun dari langit”.

Peradaban Maya mencapai puncak kejayaan dari periode tahun 300 Masehi sampai 900 Masehi. Mereka juga mengembangkan astronomi.

Kalender Hitungan Panjang milik Maya dimulai tahun 3114 sebelum Masehi. Kalender ini menandai siklus 394 tahunan sebagai Baktun. Angka tiga belas adalah angka penting dan sakral bagi Indian Maya. Suku ini memercayai Baktun ke-13 berakhir sekitar 21 Desember 2012.

Namun, ada yang mengatakan hal itu tidak menyimpulkan soal kiamat. ”Itu merupakan ulang tahun khusus soal penciptaan,” kata David Stuart, seorang spesialis epigrafi Maya dari Universitas Texas di Austin, AS. ”Orang Maya tidak pernah mengatakan dunia akan berakhir, tidak pernah mengatakan sesuatu yang buruk akan terjadi. Mereka hanya mencatat peringatan masa depan di Monumen Enam.”

Bernal mengatakan bahwa kiamat merupakan sebuah konsep ”yang sangat Barat, Kristen” yang diproyeksikan kepada orang Maya”.

Namun, sebagian orang mengatakan orang Maya mengetahui sebuah rahasia lain: poros Bumi bergoyang dan mengubah posisi bintang-bintang setiap tahun. Sekali dalam setiap setiap 25.800 tahun Matahari menjajarkan diri dengan pusat Bima Sakti. Ini sekaligus menandakan Matahari berada pada titik terendah di kaki langit. Itu akan terjadi pada 21 Desember 2012. Saat itu pula Matahari terbit di tempat yang sama dan pusat galaksi menjadi terang benderang.

Teori lain memang menyebutkan penjajaran itu atau gangguan magnetik bisa menimbulkan pergeseran kutub. Ilmuwan mengatakan, kutub-kutub mungkin bergeser satu derajat selama satu juta tahun. Namun, dikatakan juga, tak ada tanda-tanda itu akan terjadi pada tahun 2012.



KESIMPULAN


Bahwa pada tahun 2012 itu hanyalah fenomena alam yang disebut dengan Badai Matahari,,Bukan KIAMAT.
Badai Matahari = Flare dan CME
Flare: ledakan besar di atmosfer Matahari yang dahsyatnya menyamai 66 juta kali ledakan bom atom Hiroshima,sedangkan
CME(Corona Mass Ejection) : sejenis ledakan sangat besar yang menyebabkan lontaran partikel2 berkecepatan tinggi yakni sekitar 400 km/detik
Badai yang terjadi di permukaan matahari dapat mendatangkan bencana dahsyat bagi umat manusia,,karena menimbulkan ancaman bagi seluruh departemen yang mengandalkan medan magnit dan tenaga listrik..
Gangguan cuaca Matahari ini dapat mempengaruhi kondisi muatan antariksa hingga mempengaruhi magnet Bumi,dan berdampak pada manusia karena dapat membahayakan kesehatan atau kehidupan manusia, misal karena magnet Bumi terganggu, maka alat pacu jantung juga akan terganggu.
HP akan error, dan sms bakal pending,
Sedangkan suku maya mempunyai persepsi bahwa 2012 adalah kiamat. hal ini di karenakan Kalender Hitungan Panjang milik Maya dimulai tahun 3114 sebelum Masehi. Kalender ini menandai siklus 394 tahunan sebagai Baktun. Angka tiga belas adalah angka penting dan sakral bagi Indian Maya. Suku ini memercayai Baktun ke-13 berakhir sekitar 21 Desember 2012. Sebuah periode waktu yang penting bagi orang Maya memang berakhir pada tanggal itu, dan orang-orang telah menemukan serangkaian penjajaran astronomis yang menyebutkan pada tahun 2012 akan ada kejadian langka bagian dari siklus setiap 25.800 tahun














SARAN

Bahwa hari kiamat itu akan datang tetapi tentang waktunya kita tidak tahu pasti .Terkait dengan kiamat kita serahkan saja pada takdir dan keputusan sang pencipta,yang terpenting dari semuanya selama masih hidup di dunia, kita bisa melakukan hal yang bermakna dan bermanfaat untuk bangsa,Negara dan kemanusiaan.dan jangan mempercayai ramalan tentang 2012.


DAFTAR PUSTAKA


Koran SINDO tanggal 14,16,17 November 2009
Search Google : kiamat 2012
Http://pakarfisika.Wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar